Senin, 28 Mei 2012

Umrah Dan Pusat Belanja Jeddah

Ballad, Pusat Belanja Oleh-oleh di Jeddah


Resminya pusat perbelanjaan di ibu kota Arab Saudi ini bernama Corniche Commercial Center, namun karena letaknya, lebih terkenal dengan nama Ballad. Di sinilah biasanya jamaah haji dan umroh singgah untuk membeli oleh-oleh dalam perjalanan mereka menuju ke Bandara King Abdul Aziz untuk kembali ke tanah air.

Jangan heran bila Anda melihat berbagai tulisan di etalase toko yang sangat familiar di mata, misalnya Wilujeng Sumping atau Sugeng Rawuh. Nama toko-tokonya pun sangat Indonesia, antara lain Toko Amir Murah dan Toko Gani Murah. Ini bukan karena pemiliknya orang


Indonesia, melainkan karena pembeli terbanyak adalah para jamaah dari negeri kita.

Lalu apa saja yang bisa dibeli di Ballad?
Yang pertama tentu saja oleh-oleh khas haji, seperti berbagai macam jenis kurma dan produk olahannya, kacang arab, pistachio, dan kismis. Selain itu ada juga berbagai permen dan cokelat yang cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Makanan bukanlah satu-satunya benda yang dapat dibeli untuk sanak saudara di rumah. Pusat perbelanjaan besar ini juga menyediakan berbagai pilihan pakaian, terutama baju gamis, kerudung, pashmina, serta perlengkapan salat.
Kaos, boneka, mainan anak juga merupakan produk yang sangat populer di kalangan pembeli. Selain itu tentu saja wewangian dan kosmetik khas Arab juga termasuk barang dagangan yang sangat laku. Barang-barang ini tidak memiliki kandungan alkohol.

Ballad juga terkenal akan produk perhiasan emas. Jamaah haji dan umroh banyak yang memilih emas sebagai barang kenang-kenangan baik untuk diri mereka sendiri maupun untuk orang-orang terdekat.

Ada dua hal yang perlu diingat saat berbelanja di Ballad. Pertama, perhatikan keaslian barang. Parfum bermerk misalnya, salah satu jenis produk yang banyak dipalsukan. Selain parfum, jam tangan juga sering dipalsukan. Pedagang jam tangan dan parfum menghampiri para calon pembeli yang turun dari bus untuk menjajakan dagangan mereka.

Kedua, perhatikan tempat barang diproduksi. Memang tidak banyak barang yang merupakan produksi lokal, namun setidaknya, Anda tidak membeli produk buatan Indonesia. Selalu periksa dengan teliti sebelum membeli. Walaupun mungkin sulit untuk menemukan barang yang sama di Tanah Air, pasti ada rasa menyesal bila belakangan Anda menemukan label bertuliskan "Made in Indonesia" pada barang yang dibeli di Arab Saudi.

Keuntungan berbelanja di Ballad — dan juga di banyak tempat di Arab Saudi — adalah penjual yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Selain itu, pembayaran pun dapat dilakukan dalam rupiah. Nilai tukar biasanya juga lebih baik daripada bila Anda menukarkan rupiah dengan riyal di Indonesia.
Bila sudah puas berbelanja, Anda dapat mampir ke beberapa kedai makanan di tempat ini. Salah satu yang paling populer adalah bakso Mang Oedin. Setiap hari kedai ini ramai dikunjungi pembeli dari Indonesia yang tampaknya sudah rindu makanan negeri sendiri. Selain itu ada pula kedai yang menjual menu nasi goreng, sop buntut, dan pecel lele. Anda ingin sedikit berpetualang kuliner, di sini terdapat juga restoran Thailand dan Filipina — tentu saja semuanya halal.

Ini sekedar info, yang terpenting .... beribadah dahulu baru berbelanja !  :)

Yang mau Umrah Di Bulan RAJAB / Juni , DAFTAR sekarang ke 085 319 444 042

Sumber : Olenka Priyadarsani/http://id.travel.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar